Jumat, 28 November 2014

[METEOROLOGI]

    Berikut adalah seputar pengetahuan mengenai arus - arus yang ada di samudera, jadi ternyata ada banyak sekali pergerakan arus dari seluruh dunia gan, tapi kok ga pernah tabrakan ya? Nah langsung aja simak daftar lengkapnya berikut ini:)


ARUS - ARUS TERPENTING DI SAMUDERA


Lokasi
Nama Arus
Keterangan
S
A
M
U
D
E
R
A

P
A
S
I
F
I
K
Utara Khatulistiwa
1.Arus Khatulistiwa
Arus panas yang mengalir ke barat sejajar khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan oleh angin pasat timur laut.
2.Arus Kuroshio
Arus panas yang mengalir dari utara Filipina menuju ke arah selatan Kanada. Arus ini menyeberang Samudera Pasifik melalui sebelah timur Jepang. Arus ini ditimbulkan oleh angin barat.
3.Arus Kalifornia
Arus Dingin yang menyimpang karena pengaruh daratan. Arus ini berasal dari Arus Pasifik Utara dan merupakan kelanjutan dari arus Kuroshio. Arus ini mengalir di sepanjang pesisir barat Amerika Utara
4.Arus Oyashio
Arus Dingin yang mengalir dari Selat Bering ke Selatan hingga di Kepulauan Jepang. DI wilayah ini arus Oyashio yang dingin bertemu dengan Arus Kuroshio yang panas. Daerah tempat petemuan kedua arus tersebut menjadi tempat yang subur bagi pertubuhan plankton sehingga terdapat banyak ikan.
Selatan Khatulistiwa
1.Arus Khatulistiwa Selatan
Arus panas yang mengalir ke arah barat sejajar khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan oleh angin pasat tenggara.
2.Arus Humbold (Arus Peru )
Arus dingin yang didorong oleh angin pasat tenggara. Arus ini merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir membelok ke utara menyusuri Pantai Peru.
3.Arus Australia Timur
Arus menyimpang sebagai lanjutan dari arus Khatulistiwa Selatan. Arus ini mengalir di sepanjang pesisir Australia Timur ke selatan.
4.Arus Angin Barat
Lanjutan Arus Australia Timur yang mengalir ke timur sejajar khatulistiwa. Arus ini didorong oleh angin barat.
Sepanjang Khatulistiwa
Arus Kompensasi

Arus panas yang mengalir sepanjang khatulistiwa ke arah timur.
S
A
M
U
D
E
R
A

A
T
L
A
N
T
I
K

Utara Khatulistiwa
1.Arah Khatulistiwa Utara
Arus panas yang mengalir ke arah barat sejajar khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan oleh angin pasat timur laut.
2. Arus Teluk ( Gulf stream )
Arus panas yang menyimpang dan dipengaruhi oleh angin kencang. Arus Teluk sebagian besar berasal dari Arus Khatulistiwa Selatan yang bergerak ke barat daya memasuki Teluk Meksiko.
3. Arus Tanah Hijau Timur ( Arus Greenland Timur )
Arus dingin yang mengalir dari laut di kutub utara ke selatan melalui pantai timur Greenland.Arus ini ditimbulkan oleh angin timur yang berasal dari kutub.
4.Arus Lobrador
Arus dingin ysng berasal dari kutub utara mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Labrador. Arus ini merupakan lanjutan dari Arus Arktik yang membawa banyak gunung es ( ice berg )
5.Arus Canary
Arus dingin yang menyimpang dan mengalir ke selatan menyusuri pantai barat Afrika Utara. Arus ini merupakan sebagian dari Arus Atlantik Utara yang membelok ke selatan.
Selatan Khatulistiwa
1.Arus Khatulistiwa Selatan
Arus panas yang emngalir ke arah barat sejajar khatulistiwa, sebagian arus ini masuk ke laut Karibia bersama arus KhatulistiwaUtara. Arus ini diitmbulksn oleh angin pasat tenggara.
2.Arus Brazilia
Arus panas yang menyimpang, merupakan lanjutan dari sebagan Arus Angin Barat. Arus ini mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Brazilia.
3.Arus Benguela
Arus dingin yang ditimbulkan oleh angin barat yang membelok ke utara di sepanjang pantai Afrika Selatan dan Afrika Barat.
4.Arus Angin Barat
Arus dingin, merupakan lanjutan dari sebagian Arus Brazilia yang mengalir ke arah timur sejajar khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan oleh angin barat.
S
A
M
U
D
E
R
A

H
I
N
D
I
A
Utara Khatulistiwa
1.Arus Musim Barat Daya

Arus panas yang mengalir ke arah timur menyusuri Laut Arab dan teluk Benguela. Arus ini ditimbukan oleh angin musim barat daya.
2.Arus Musim Timur Laut
Arus panas yang mengalir ke arah barat menyusuri Teluk Benguela dan Laut Arab. Arus ini ditimbulkan oleh angin musim timur laut. Arus ini sangat kuat karena didorong oleh angin pasat timur laut dan angin musim timur laut.
Selatan Khatulistiwa
1.Arus Khatulistiwa Selatan
Arus panas yang mengalir ke arah barat sejajar khatulistiwa. Arus yang ditimbulkan oleh angin pasat tenggara ini selanjutnya terbagi menjadi 2 di sebelah timur Madagaskar, yaitu Arus Maskarena dan Arus Agulhas
2.Arus Maskarena
Arus panas sebagai lanjutan dari Arus Khatulistiwa Selatan. Arus ini mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Madagaskar.
3.Arus Agulhas
Seperti Arus Maskarena, tetapi mengalir ke selatan di sebelah pantai barat Madagaskar. Arus ini bergerak di antara Pulau Madagaskar dan Benua Afrika.
4.Arus Angin Barat
Arus dingin sebagai lanjutan dari sebagian arus Angin Barat. Arus ini mengalir ke utara menyusuri pantai barat Benua Australia, selanjutnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.

Berikut Gambar Arus Samudera pada Peta Dunia 

Sampai jumpa di postingan selanjutnya...

Sumber Gambar http://arizonaenergy.org/WaterEnergy/ocean_currents.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar